Thursday, 10 April 2014

Cara Menampilkan Format Angka Excel di Mail Merge Word

Ada satu permasalahan yang muncul di dokumen utama mail merge saat menggabungkan data dari Excel yang berupa angka.
Seperti contoh gambar data Excel berikut ini.
Data angka Mail Merge di Excel
Saat ditampilkan di dokumen utama mail merge, hasilnya menjadi seperti gambar berikut. Rp617.500,00 menjadi 617500 dan semua format berupa: pemisah angka ribuan dan desimal, simbol mata uang, dan persentase hilang.

Dokumen utama Mail Merge di Word
Namun, tidak perlu khawatir. Ada cara mudah agar format angka di Excel tidak hilang saat ditampilkan dalam mail merge
Berikut cara menampilkan format angka Excel di mail merge. Catatan: Cara ini juga bisa digunakan untuk menampilkan format tanggal.

Langkah-Langkah

  1. Di dokumen utama atau Dokumen Master mail merge, klik:
    • Tombol Microsoft Office Button Microsoft Office Button dan pilih Word Options (Word 2007).
    • Tab File dan pilih Options (Word 2010 dan 2013).
  2. Klik Advanced dan di bagian General, centang kotak Confirm file format conversion on open.
    Kotak dialog Word Options General Tab
  3. Klik OK untuk menutup kotak dialog.
  4. Selanjutnya kita akan menggabungkan dokumen utama dengan data source di Excel.
  5. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
    Mail Merge Select Recipients
  6. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi file Excel pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik pada nama file Excel tersebut dan klik Open.
  7. Word akan menampilkan kotak dialog Confirm Data Source. Centang kotak Show all sehingga tampilannya akan seperti ini.
    Confirm Data Source - Show all
  8. Selanjutnya pilih MS Excel Worksheets via DDE (lihat contoh gambar di atas) dan klik OK.
  9. Klik OK untuk menutup kotak dialog.
    Kotak dialog Named or cell range
  10. Sekarang kita akan menempatkan data dari Excel.
  11. Taruh kursor di posisi untuk data source mail merge. Pada tutorial ini, kursor diletakkan di samping tulisan Angka A. Kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Angka_A.
    Insert Merge Field
  12. Lakukan juga hal yang sama pada Angka B dan Angka C. Sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini. Data ditampilkan dalam tanda kurung siku dua <<data field>>.
    Data Field Mail Merge
  13. Klik tombol Preview Results.
    Preview Result - Mail Merge
    Preview Results - Mail Merge Word 2013

    Tampilan angka di dokumen utama mail merge Word akan seperti gambar berikut. Lengkap dengan format angkanya seperti di Excel.
    Tampilan format angka di mail merge Word

Tip: bila cara ini tidak berhasil menampilkan format Excel di mail merge, coba gunakan cara format di tutorial: Cara Format Teks dan Angka Data Mail Merge di Microsoft Word, yang membahas cara format font, membuat huruf besar dan huruf kecil, serta cara membuat format untuk pemisah angka ribuan dan desimal serta simbol mata uang dan tanggal.

1 komentar:

Unknown said...

Trimakasih Pak Harri Sadewo untuk article ini. Sangat membantu buat saya yg masih belajar.

Post a Comment